• Mengenal Lebih Jauh PDF (Portable Document Format)

    Dalam rutinitas kerja sehari-hari gue sering banget nemuin, bikin, simpan, sampe utak-atik file PDF. 80% file yang berseliweran di server tempat gue kerja formatnya PDF. Finally, gue penasaran pengen tahu lebih jauh PDF (Portable Document Format.
    Logo PDF

    Apa itu PDF
    Adobe.com menjelaskan seperti ini:

    About Adobe PDF

    Invented by Adobe Systems and perfected over 20 years, Portable Document Format (PDF) is now an open standard for electronic document exchange maintained by the International Organization for Standardization (ISO). When you convert documents, forms, galaraphics, and web pages to PDF, they look just like they would if printed. But unlike printed documents, PDF files can contain clickable links and buttons, form fields, video, and audio — as well as logic to help automate routine business processes. When you share a PDF file, virtually anyone can read it using free Adobe Reader® software or the Adobe Reader mobile app.

    Terjemahan bebasnya lebih kurang seperti ini:
    PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format file yang dibuat dan disempurnakan oleh Adobe Systems selama lebih dari 20 tahun. PDF saat ini merupakan standar terbuka  untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang diatur oleh International Organization for Standardization (ISO) dengan kode ISO 32000-1:2008. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen  yang meliputi teks, huruf, gambar dan grafik, dan vektor. PDF bisa dibaca dengan menggunakan software adobe reader atau  Adobe Reader mobile app.

    Dalam perkembangannya banyak sekali sofware-software pembaca file PDF bermunculan baik itu yang gratis maupun berbayar. Inilah 4 besar software pembaca file PDF untuk O.S keluaran Microsoft:

    Yang pertama tentunya software buatan Adobe, Adobe reader
    Peringkat kedua ditempati oleh Foxit Reader 
    Foxit mengklaim bahwa software buatan mereka telah digunakan oleh lebih dari 130 juta orang di seluruh penjuru dunia. Kelebihannya adalah yang paling utama adalah gratis, ringan dan kaya fitur. Secara pribadi aku lebih senang pake software ini daripada yang lain.

    Ketiga Nitro Reader

    Peringkat empat Sumatra PDF 
    Meski menggunakan nama Sumatra, software ini bukan bikinan orang Indonesia.   Sumatra PDF dibuat oleh Krysztof Kowalczyk seorang programmer lulusan Telecommunication/Computer Science from ENST de Bretagne,Perancis.


    OK guys, semoga saja tulisan singkat ini bisa jadi acuan buat agan-agan semua nentuin pilihan software yang sesuai selera untuk membaca file-file PDF.

     



  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Social

Photobucket