• Barcelona libas Getafe 6-1

    Barcelona berpesta gol ke gawang Getafe dengan kemenangan telak 6-1 saat menjamu sang lawan dalam lanjutan Primera Liga Spanyol di Camp Nou, Minggu (10/2) sore WIB. Enam gol Barca dicetak oleh pemain yang berbeda-beda. Dua gol tercipta di babak pertama, sementara empat gol lainnya terjadi di babak kedua. Tim tamu hanya mampu memperkecil ketertinggalan dengan satu gol di paruh kedua pertandingan. Dengan kemenangan ini, Barca tetap kokoh di puncak klasemen sementara dengan mengumpulkan 62 poin, unggul 12 poin dari Atletico Madrid (yang masih menyimpan satu pertandingan) dan 16 poin dari Real Madrid di peringkat ketiga. Barcelona menurunkan striker David Villa ke dalam starting XI di pertandingan ini.

    Azulgrana juga memasang Lionel Messi dan Alexis Sanchez sebagai trio penyerang di depan dalam skema permainan 4-3-3. Babak Pertama Getafe sempat menekan pertahanan tuan rumah di awal babak pertama. Sebuah umpan Diego Castro ke pertahanan sempat memberikan ancaman, namun bola bergulir terlalu deras sehingga sulit bagi striker Adrian Colunga untuk mengapainya. Barcelona tidak mau kalah. Reputasi mereka sebagai tim dengan permainan bola menawan berusaha maksimal ditunjukkan di pertandingan ini. Pada menit keenam, mereka akhirnya bisa unggul lewat aksi Alexis Sanchez yang berhasil memanfaakan peluang lewat skema permainan serangan balik.

    Dengan cerdik, Andres Iniesta mengirim umpan terobosan ke dalam kotak penalti, dan sudah ada Alexis yang menyarangkan bola ke sisi kiri gawang. Satu menit berselang, Messi nyaris menggandakan keunggulan andai sundulan kepalanya memanfaatkan umpan silang Jordi Alba tidak melambung di atas mistar gawang. Sang striker akhirnya bisa mencatatkan namanya di papan skor saat pertandingan sudah memasuki menit ke-13. Umpan Thiago Alcántara dari dalam kotak penalti, yang sebelumnya menerima umpan lambung dari Iniesta, berhasil diteruskan dengan sepakan mendatar La Pulga, dan bola menghujam ke sisi kiri gawang Getafe yang dikawal Codina. Unggul dua gol, Barca masih terus menguasai permainan. Sejumlah peluang apik mampu mereka ciptakan, salah satunya pada menit ke-27. Alexis berhasil menerima umpan Messi di dalam kotak penalti, namun ketika striker asal Cili hendak akan memasukkan bola, Codina dengan sigap menghalau bola. Satu menit berselang, Messi kembali beraksi. Saat menerima umpan silang Alba di sisi kiri, bintang asal Argentina itu berusaha meneruskan dengan tendangan salto, namun bola masih belum bisa mengenai kakinya. Dua menit kemudian, Sang Messiah kembali mendapat peluang. Sayang, sepakannya masih membentur tiang gawang. Saat pertandingan sudah memasuki menit ke-37, Messi lagi-lagi mendapat peluang emas. Memanfaatkan umpan crossing lambung dari David Villa, peraih empat kali Ballon d'Or itu menanduk bola ke arah gawang, namun masih melambung. 

    Satu menit kemudian, Getafe memiliki peluang apik. Tembakan mendapat Diego Castro dari luar kotak penalti Barcelona masih bisa ditangkap kiper Victor Valdes. Alexis nyaris mencetak gol keduanya hari ini. Menerima umpan Thiago, sang striker kemudian melakukan sepakan keras, yang mampu ditangkap Codina. Pertandingan babak pertama berakhir untuk keunggulan dua gol tuan rumah. Babak Kedua Unggul dua gol di babak pertama tidak mengendurkan serangan Barcelona di paruh kedua pertandingan ini. Sebuah usaha serangan balik sempat mereka lancarkan saar laga baru memasuki menit keenam. Umpan terobosan Messi dari tengah lapangan tidak mampu menjangkau kaki Alexis. Bola keburu diamankan salah seorang pemain lawan. Tiga menit kemudian, Iniesta berhasil melakukan penetrasi di sisi kanan pertahanan Getafe dan berusaha masuk kotak penalti, namun umpannya mampu dimentahkan Alberto Lopo. Villa akhirnya mencetak gol di pertandingan ini, yakni pada menit ke-58. Memanfataatkan umpan terobosan dari Alba, pemain asal Spanyol itu lolos dari jebakan off-side dan menceploskan bola dari dalam kotak penalti. Dua menit berselang, Barcelona nyaris menambah gol. Umpan datar Messi gagal dimaksimalkan oleh Iniesta. Beberapa saat kemudian, giliran Iniesta yang memberi umpan kepada Messi, namun sang striker gagal meneruskan bola ke arah gawang. Messi lagi-lagi mengancam, namun tembakannya dari luar kotak penalti masih mampu diamankan Codina.

    Barca kembali unggul pada menit ke-79 melalui aksi Tello. Sepakan terukurnya usai memanfaatkan umpan Messi tak mampu diamankan Codina karena bola mengalir cukup deras. Satu menit kemudian, striker Getafe yang baru masuk sepuluh menit, Alvaro, memperkecil ketertinggalan menjadi 4-1. Ia memanfatakan back-pass yang tanggung dari Alba, dan bola mengalir di sela-sela tangan Valdes. Hujan gol Barca tidak berhenti, meski pertandingan sudah akan berakhir. Tepat pada menit ke-90, Iniesta membawa timnya unggul jauh. Tembakan keras sang gelandang dari dalam kotak penalti usai memanfaatkan umpan Messi, tidak mampu dihadang Codina. Dua menit kemudian, bek Gerard Pique ikut berpesta gol. Tendangannya dari jarak dekat usai menerima umpan Thiago mengalir deras ke dalam gawang. Barcelona akhirnya menang 6-1!

    sumber:goal.com
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Social

Photobucket