Once upon time, seorang teman pernah menelpon saya menanyakan mengapa dia tidak bisa connect ke internet melalui modem GSMnya. Setelah ditelusuri baru ketahuan bahwa si teman tidak bisa terhubung ke internet karena ketidakmengertiannya akan penggunaan modem GSM dan providernya. Ternyata kawan saya tadi menggunakan modem GSM yang terintegrasi dengan provider Star one tetapi dia mengganti SIM cardnya dengan SIM telkomsel flash sendiri. Sudah barang tentu dia tidak bisa membuat shortcut untuk koneksi melalui telkomsel flash.


Agar masalah minor seperti di atas bisa dihindari ada baiknya saya coba beri penjelasan tentang unlock, paket, dan inject modem GSM.

Unlock adalah modem GSM yang bisa digunakan untuk sembarang SIM card. Modem GSM ini akan otomatis mengenali SIM card yang dimasukkan, selanjutnya si pemilik modem bisa memasukkan parameter settingan untuk koneksi internet dari providernya. Modem yang sudah diunlock bisa digunakan untuk IM2, telkomsel flash, dan provider GSM lainnya.

Paket artinya modem yang dijual terintegrasi dengan provider tertentu. Apabila SIM card di dalamnya digati dengan SIM card dari provider lain maka otomatis tidak dikenali.

Inject, adalah salah satu cara untuk mengganti aplikasi yang ada di suatu modem GSM dengan aplikasi dari provider lainnya. Satu tahun yang lalu aku pernah menjual modem GSM paket MOBI yang menurut pengakuan si pembeli modem tersebut akan diinject dengan aplikasi dari smart telecom. Untuk baca-baca cara inject modem GSM ada di link ini http://forum.gsmhosting.com/vbb/f25/unlock-huawei-e220-home-638725/.

Semoga penjelasan singkat di atas bisa berguna.

0 comments:

JANGANLAH KALIAN MENUNTUT ILMU UNTUK MEMBANGGAKANNYA TERHADAP PARA ULAMA DAN UNTUK DIPERDEBATKAN DI KALANGAN ORANG-ORANG BODOH DAN BURUK PERANGAINYA. JANGAN PULA MENUNTUT ILMU UNTUK PENAMPILAN DALAM MAJELIS (PERTEMUAN ATAU RAPAT) DAN UNTUK MENARIK PERHATIAN ORANG-ORANG KEPADAMU. BARANGSIAPA SEPERTI ITU MAKA BAGINYA NERAKA … NERAKA. (HR. TIRMIDZI DAN IBNU MAJAHTHANK YOU FOR VISITING MY BLOG