Siapa Yang Bakal Jadi Sumsel I?

Menjelang tahun 2013 dimana propinsi Sumatera Selatan akan menyelenggarakan Pilkada untuk memilih orang nomor satu di propinsi ini, berbagai opini, pendapat, dan survey mulai ramai. Gak salah kalo gue juga ungkapin opini itung-itung buat menghilangkan jenuh. 

Alex Nurdin

Gue mulai dari incumbent dulu sebagai juara bertahan. Alex Nurdin yang berhasil jadi orang nomor satu di Sumsel melalui kampanye program sekolah dan berobat gratis. Pada awalnya masyarakat Sumsel menyambut gembira program ini, namun di tengah perjalanan program ini semakin berkurang gemanya.Trust masyarakat semakin berkurang menyusul banyaknya pemberitaan terkait kasus wisma atlet dan penyelenggaraan Sea Games 26 di Palembang. Dilihat dari peluang, rasanya sulit bagi incumbent untuk mengulang sukses bersama pasangannya untuk kembali menjadi orang nomor 1 dan 2 di propinsi yang terkenal dengan kain songketnya.



Edy Santana Putra
Edy Santana Putra saat ini menjabat sebagai Walikota Palembang. Dengan tangan dinginnya Edy Santana berhasil menyulap kota Palembang menjadi salah satu kota bersih di Indonesia sekaligus memiliki tata kota yang bagus. Waktu masih kuliah di tahun 95an, aku masih ingat banget gimana beceknya wilayah pasar 16 dan daerah sekitar benteng Kuto Besak. Tapi sekarang sudah ditata rapih dan bersih, bahkan BKB sekarang jadi salah satu objek wisata di kota Palembang. Popularitas Edy Santana masih sangat bagus dan kans untuk menjadi orang nomor 1 di Sumsel terbuka lebar. tinggal gimana kendaraan politik yang mengusungnya, dan tentu saja kesiapan materi dan imateri untuk terjun memperebutkan Sumsel 1.


Herman Deru
Herman Deru sekarang ini menjabat sebagai bupati OKU Timur. Di bawah kepemimpinannya OKU Timur telah menorehkan prestasi di tingkat daerah dan nasional. Dua kali meraih penghargaan MURI sebagai pemenang Pilkada dengan jumlah pemilih terbanyak dan sebagai kepala daerah yang berhasil melakukan program bedah rumah terbanyak. Diusung Partai Nasdem, Deru telah menyatakan dirinya akan ikut memperebutkan posisi Sumsel 1. Herman Deru patut diperhitungkan sebagai pesaing serius dalam ajang pilkada 2013. Namun perhitungan di dunia politik bukanlah hitung-hitungan matematika yang dua ditambah sama dengan empat. Banyak sekali kemungkinan yang bisa terjadi. 

Nah, ketiga kandidat di atas adalah calon-calon serius dalam Pilkada 2013 nanti. Terserah anda mau pilih siapa. yang jelas ini hanya ungkapan opini pribadi gue.

7 comments:

  1. alex noerdin masih di puncak terbaik untuk memimpin sumsel, karena programnya jelas dan terbukti sekolah gratis dan berobat gratis di nikmati masyarakat sumsel. calon lain tidak jelas programnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kapok ditipu alex noerdin wkwkwkwkwkkk...... OMDO

      Delete
  2. Ha..ha.. banyak sudah mengerti Pak Agus...jangan cuma retorika aja..

    ReplyDelete
  3. gus-gus alex penipu, tuh lihat jalan pada hancur, mana prestasi dia 5 tahun ini, ridwan mukti atau herman deru

    ReplyDelete
  4. maaf sbelumnya.
    1. masalah berobat gratis, menurut saya semua propinsi di indonesia sdh menerapkan program itu, jadi tidak terlalu signifikan prestasinya.
    2. sekolah gratis? yg saya tau skolah masih bayar, adik bungsu saya sekolah d sma 17 masih bayar tu, malah 600.000/bulan, iurannya. jadi gratisnya dimana? kan ada dana bantuan BOS dari pusat, jadi program ini hanya mendompleng program pusat dong?
    3. pembangunan sentral di sumsel semua ngadat sejak alex jadi gubernur, fly over belum ada yg d bangun(lagi), jembatan musi 3 gak jelas, pelabuhan TAA tidak ada tindak lanjut, bahkan pelebaran jalan palembang-inderalaya sampe sekarang belum selesai, padahal itu proyek jalan sejak jaman pak syahrial oesman.

    jadi tingkat keberhasilannya dimana?

    menurut saya herman deru pantas tu jadi gubernur

    ReplyDelete
  5. maaf sbelumnya.
    1. masalah berobat gratis, menurut saya semua propinsi di indonesia sdh menerapkan program itu, jadi tidak terlalu signifikan prestasinya.
    2. sekolah gratis? yg saya tau skolah masih bayar, adik bungsu saya sekolah d sma 17 masih bayar tu, malah 600.000/bulan, iurannya. jadi gratisnya dimana? kan ada dana bantuan BOS dari pusat, jadi program ini hanya mendompleng program pusat dong?
    3. pembangunan sentral di sumsel semua ngadat sejak alex jadi gubernur, fly over belum ada yg d bangun(lagi), jembatan musi 3 gak jelas, pelabuhan TAA tidak ada tindak lanjut, bahkan pelebaran jalan palembang-inderalaya sampe sekarang belum selesai, padahal itu proyek jalan sejak jaman pak syahrial oesman.

    jadi tingkat keberhasilannya dimana?

    ReplyDelete

JANGANLAH KALIAN MENUNTUT ILMU UNTUK MEMBANGGAKANNYA TERHADAP PARA ULAMA DAN UNTUK DIPERDEBATKAN DI KALANGAN ORANG-ORANG BODOH DAN BURUK PERANGAINYA. JANGAN PULA MENUNTUT ILMU UNTUK PENAMPILAN DALAM MAJELIS (PERTEMUAN ATAU RAPAT) DAN UNTUK MENARIK PERHATIAN ORANG-ORANG KEPADAMU. BARANGSIAPA SEPERTI ITU MAKA BAGINYA NERAKA … NERAKA. (HR. TIRMIDZI DAN IBNU MAJAHTHANK YOU FOR VISITING MY BLOG