Cara Login Ke Router Mikrotik

 
Mikrotik Semakin banyak digunakan karena kemudahan, kelengkapan fitur, dan yang paling penting low cost. Mumpung lagi senang main-main dengan mikrotik. Content yang diadopsi dari beberapa sumber dari Mbah Google, sengaja ane publish disini sebagai catatan pribadi sekaligus pengingat. Kalo kebetulan pembaca blog ini juga lagi concern ama Mikrotik, silahkan kalo mau dicopas, disebarin kemana aja biar sama-sama pinter :)
 
Alright, here we go! Catatan pertama dari lesson mikrotik adalah cara login.
 
 
Login Menggunakan Winbox
Winbox paling sering digunakan oleh Admin dan setter Mikrotik karena user friendly, gratis, dan fitur2nya mudah dimengerti. Program Winbox ini dibuat hanya untuk pengguna yang menggunakan OS Windows tapi untuk pengguna Linux dapat menjalankan program ini menggunakan program emulator windows seperti Wine.
Tampilan login via Winbox
 
Cara mendapatkan program Winbox adalah dengan cara :
- Akses melalui browser dan ketik alamat IP Router anda
- Pilih Winbox dan download program tersebut
- Eksekusi program yang sudah didownload tadi, Isikan
Connect To : à Isikan dengan Mac Address atau IP Address interface Mikrotik anda
Atau dapat juga dengan scan IP daan Mac dengan menekan tombol …
Login à Isikan dengan user (Default Admin)
Password      (Untuk Mikrotik baru tidak ada password)

 

Login  menggunakan Webfig
Webfig adalah fitur yang baru setelah versi 5, pada Webfig kita dapat mengkonfigurasi Mikrotik dengan mudah melalui browser kita. Tampilan yang akan muncul sangat mirip dengan Winbox. Berikut cara mengaksesnya :

- Buka Browser kesayangan anda dan ketikkan alamat IP router anda, kemudian masukkan form Login dengan user anda dan Password.

Remote dengan Telnet
Cara meremote dengan Telnet hampir serupa dengan menggunakan SSH karena antar muka yang akan dipakai dalam telnet menggunakan Command Line Interface juga. Berikut caranya
- Buka browser kesayangan anda dan tuliskan alamat IP router anda
- Pilih telnet kemudian masukkan user dan password
 
 

0 comments:

JANGANLAH KALIAN MENUNTUT ILMU UNTUK MEMBANGGAKANNYA TERHADAP PARA ULAMA DAN UNTUK DIPERDEBATKAN DI KALANGAN ORANG-ORANG BODOH DAN BURUK PERANGAINYA. JANGAN PULA MENUNTUT ILMU UNTUK PENAMPILAN DALAM MAJELIS (PERTEMUAN ATAU RAPAT) DAN UNTUK MENARIK PERHATIAN ORANG-ORANG KEPADAMU. BARANGSIAPA SEPERTI ITU MAKA BAGINYA NERAKA … NERAKA. (HR. TIRMIDZI DAN IBNU MAJAHTHANK YOU FOR VISITING MY BLOG